CARA MENGGANTI TEMPLATE BLOG DI BLOGGER | RESPONSIVE DAN SEO FRIENDLY

Sumber Gambar

CARA MENGGANTI TEMPLATE BLOG DI BLOGGER

Halo sahabat psg !!!
Kali ini kita akan membahas tentang cara mengganti template blog di blogger. Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang CARA MEMBUAT BLOG | PANDUAN LENGKAP dan CARA MEMBUAT POSTINGAN DI BLOG DAN MEMPUBLIKASIKAN DI INTERNET, Jika belum silahkan baca artikel sebelumnya karena artikel ini saling berkaitan.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membuat blog dengan nama alfedo-clothing.blogspot.com, yang mana kita menggunkan template bawaan dari blogger. Nah pertanyaannya, bagaimana cara mengganti atau merubah template bawaan dari blogger menjadi template yang lebih profesional atau elegan atau apalah (wkwkkw bahasa gw 😆😆)???

Sebelum kita masuk ke pembahasan, ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan dalam menentukan pemilihan template. Ada banyak template yang bersebaran di internet mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan template :
  • Topics adalah hal pertama yang harus diperhatikan dalam menentukan template. Sesuaikan topics blog kita dengan template yang akan kita pilih. Misalkan blog kita membahas tentang teknologi seperti pasirganting.tech kita dapat mencari template dengan desain teknlogi, atau blog kita tentang e-commerce kita dapat mencari template dengan desain e-commerce. Ataupun tentang news, lifestyle, food, anime, game dll, intinya harus sesuai dengan tema atau topics pada blog kita
  • SEO Friendly atau ramah SEO (Search engine optimizition) ini sangat penting kita perhatikan, pilihlah template yang seo friendly ini akan mempengarui ranking blog kita di pencarian google.
  • Features yang terakhir menurut saya adalah fitur-fitur yang terdapat pada template tersebut. Sebagai contoh fitur yang sangat penting adalah Responsive ke semua device dan platform, apapun itu baik di mobile, web, tablet, android, iphone maupun desktop. Responsive dapat diartikan dengan menyesuaikan dengan device dan platform apapun. Selain itu kita juga mempertimbangkan adanya Social bookmark, dropdown menu, vertical dropdown ,email subscription widget dan yang lainnya. Ini akan mempermudah kita nantinya untuk meng custome template tersebut.

Ok baiklah kita langsung saja ke pembahasannya, cara mengganti template di blog. Saya menggunakan template dari https://gooyaabitemplates.com/, bukan maksud menyarankan, sahabat psg dapat memilih template dari situs lain. Kita masukkan ke point pertama :

1. Download template yang sesuai dengan blog kita, disini saya memilih template dengan desain online shop dari gooyaabitemplates.com


2. Download template tersebut dengan mengklik tombol download. Setelah selesai, ekstrak file tersebut karena file yang kita download berbentuk ZIP file.

File yang telah di ekstrak

3. Buka File dengan ekstensi Easy Cart.xml dengan notepad atau text editor. Kemudian copy semua isi dari file tersebut dengan cara CTRL + A dan CTRL + C (Untuk memblok dan mengcopy semua isi file). lihat gambar


4. Kemudian masuk ke dashboard blogger kita, pilih Tema > Edit HTML Lihat gambar


5. Blok semua isi file blog dengan cara CTRL + A lalu hapus. Dan kemudian paste kan isi dari file Easy chart.xml yang telah kita copy sebelumnya dengan cara CTRL + V. kemudian simpan.


6. Sampai disini kita telah berhasil mengganti template blog sesuai keinginan kita. Jika kita ketik alamat blog di browser maka akan berubah sesuai dengan template yang telah kita download.


Untuk setup fitur lainnya, sahabat psg dapat mengunjungi dokumentasi nya DISINI

Baiklah itulah cara mengganti template blog di blogger. Jika ini bermanfaat silahkan share dan tinggalkan komentar. kritik dan saran sangat diperlukan. Terima kasih dan salam luar biasa!!!

Posting Komentar

0 Komentar