KAMPUNG HALAMAN KU PASIR GANTING


KAMPUNG HALAMAN


   Tujuan saya menulis artikel ini adalah yang pertama saya merindukan kampung saya, yang kedua nama blog ini terinspirasi dari nama kampung saya yaitu Pasir Ganting, dan yang paling utama agar masyarakat terutama kabupaten pesisir selatan mengenal lebih jauh dengan Pasir Ganting dan bisa dijadikan tempat destinasi wisata karena kami mempunyai pantai yang indah, udara yang segar dan masih asri.

  Pasir Ganting adalah sebuah kampung yang ada di Padang provinsi Sumatera Barat, kabupaten pesisir selatan, kecamatan Air Pura. Jumlah penduduk disini kurang lebih 200 kepala keluarga. Disini mayoritas pencaharian masyarakat adalah Nelayan, kenapa??? karena kami sangat dekat dengan laut, dan ada juga beberapa masyarakat yang bertani.

 Fasilitas-fasilitas sosial disini terdiri dari satu masjid, satu sekolahan PAUD, satu Sekolah Dasar (SD), satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan satu PUSKESMAS. semuanya serba satu ya wkwkwkwkw xD; dan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), masyarakat Pasir Ganting harus menempuh perjalanan kurang lebih 13 Km. 


Penampakan SD dan SMP di Pasir Ganting, kiri SD dan kanan SMP


Bangunan yang katanya buat antisipasi Gempa dan Tsunami, tapi tidak pernah dirawat


Buruknya kondisi jalan menuju desa Pasir Ganting

 Kami masyarakat Pasir Ganting semuanya minim fasilitas, buruknya infrastruktur, sampai sekarang jalan belum kunjung di aspal masih batu koral dan kerikil, kalau ga hati2 saat berkendara mah bisa nyungsep lu di parit wkwkkwkw. Tapi itulah faktanya, bayangin aja listrik masuk ke kampung saya itu, kalau ga salah tahun 2015, bayangin aja selama ini kita gelap-gelapan, kasian ya wkwkwkw.

 Jauhnya akses kemana2, susahnya internet, jangankan internet untuk sekedar nelvon aja sering putus2, wkwkkwk. Semoga pemerintah setempat bisa membangun negeri kami itu ya, dan buat caleg yang berjanji bangun ini, bangun itu, bikin ini, bikin itu jangan omdo ya. karena kami udah sering di PHPin. Kalau udah jadi lupa sama janji bahkan lupa diri wkwkwk.

  Salah satu kebanggan masyarakat Pasir Ganting adalah kita punya laut yang indah. Di pantai ini banyak para wisata yang dari luar daerah berdatangan. Uniknya disini tempat untuk mencari batu akik, buat pencinta batu akik boleh deh main2 ke pantai Pasir Ganting. Biasanya setiap lebaran masyarakat setempat membuat sebuah event pesta pantai, nah acaranya itu kayak mengundang penyanyi-penyanyi atau komedian dari Padang gitu, Sesekali ada juga mengundang artis dari ibu kota.

  Disini saya mempunyai beberapa foto dokumentasi event lebaran pesta pantai pada tahun 2015, saat itu saya pulang kampung, jadi kalau sekarang kondisi pantainya sedikit berubah jangan kaget, karena artikel ini ditulis tahun 2019, jadi saya ga tau kondisi sekarangnya gimana. Beberapa foto ini bisa jadi pilihan destinasi teman2 buat mengisi weekend bersama sahabat maupun kelurga.


Penampkan pantai Pasir Ganting pada tahun 2015, maaf foto saya disitu agak mengganggu wkwkwk :p, karena cuma ini foto yang ada pantainya.


Foto bersama teman-teman saat lebaran tahun 2015

Udahlah ya, sekian dulu, takutnya kalian pada muntah2 melihat para hanoman diatas berfoto2, wkwkwkwkw. Sorry becanda bro (yang ada di foto).




Posting Komentar

4 Komentar

  1. Mantap bg.lanjutkan karya lu.gua anak pasir Ganting 💯% mendukung.kita bangun bersama nagari kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks support nya bg, jangan unknown, tampilin nama nya dong bg wkwkkwkw

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mantap bg, Baru baca artikel nya, bagus untuk sebagai referensi tugas, lanjut trus bg 👍

    BalasHapus