MYSQL #1 SEKILAS TENTANG MYSQL


Sekilas tentang MySQL

  MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data, yang bersifat open source dan dibawah lisensi GNU General Public License(GPL). untuk lebih jelasnya kalian bisa baca mulai dari sejarah dan perkembangannya itu DISINI

  Ok cuy, disini kita tidak mendefinisikan MySQL terlalu dalam, kita akan banyak ke prakteknya aja, sebelumnya adminnya minta maaf dulu nih, admin bukan bermaksud untuk mengajarin, tetapi lebih ke berbagi aja bahasa keren nya itu ya sharing lah, admin disini juga masih tahap belajar. jadi kita sama2 belajar aja ya,, wkwkwkwk.

  Ok cuy, tujuan saya untuk menulis blog ini hanya untuk belajar sekalian di dokumentasi lewat blog, agar syukur2 bisa bermanfaat bagi orang banyak. Nah kali ini saya akan buat pembelajaran secara runut, agar kita sama2 taulah basic nya. 

  Kenapa saya memilih untuk membuat pembelajaran tentang MySQL??? padahal sangat banyak DBMS yang lebih wah lah dari MySQL, sebut saja itu Oracle, PostgreSQL, MongoDB, MariaDB dll nya. Jawabannya yang pertama dari segi penggunaannya itu lebih friendly, yang kedua pertama kali saya belajar database MySQL saya langsung tertarik, jadi saya lebih memilih MySQL. Menjadi seorang programmer harus dituntut mengerti DBMS, karena disinilah datanya, ga lucu kan kalau programmer ga ngerti database.. wkwkkwkw ini lebih ke pengalaman penulis sih wkwkkw. Berikut perintah penting dalam SQL :

SELECT  => Mengekstrak data dari database

UPDATE => Memperbarui data dari database

DELETE  => Menghapus data dari database

INSERT INTO => Memasukkan data baru kedalam database

CREATE DATABASE => Membuat database baru

ALTER DATABASE => Merubah database

CREATE TABLE => Membuat tabel baru

ALTER TABLE => Merubah sebuah tabel

DROP TABLE  => Menghapus sebuah tabel

CREATE INDEX => Membuat sebuah index

DROP INDEX => Menghapus sebuah index

Jangan tanya dulu, untuk lebih jelasnya akan dibahas satu persatu secara runut.
  Sekali lagi ini hanya sekedar sharing aja, ga ada maksud untuk mengajarin apalagi menggurui, malu sama mastah diluar sana. Ok saya rasa cukup post kali ini, ga usah panjang2 lah wkwkwk, juga ga bakal dibaca. (pesimis baeee gw) See you next post !!! kita belajar bareng MySQL secara runut.

Posting Komentar

0 Komentar