How to Make a Simple CRUD Application With Laravel


   Laravel adalah salah Framework dari PHP yang sangat powerfull, banyak sekali framework PHP sebut saja itu CodeIgniter,YII, Zendframework dan lainnya. Nah kali ini saya akan membagikan project CRUD Laravel sederhana yang saya develop waktu pertama kali saya belajar Laravel.

   Project ini tentang sistem informasi akademik mahasiswa, jadi user dapat menampilkan data mahasiswa, mencari data mahasiswa berdasarkan nama, edit data mahasiswa, menambahkan data baru dan menghapus data mahasiswa.

 Untuk tab menu Matakuliah dan tab menu Dosen beberapa fungsi belum tersedia seperti edit,tambah dan delete data. Tapi di tab menu Mahasiswa itu semuanya udah berfungsi. Silahkan di custome sendiri. Untuk link download project silahkan klik DISINI.

Jika sudah di download silahkan di ekstrak ke direktori C:\xampp\htdocs. setelah selesai buat sebuah database baru di phpmyadmin dengan nama db_laravelapp, lalu import database, filenya ada di root folder project dengan nama db_laravelapp.sql. 

 Setelah selesai setup database, buka command prompt pada direktori project, kemudian ketik perintah berikut php artisan serve. Kemudian buka browser ketik masukkan URL  localhost:8000. Jika tidak ada error maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:

  Demikianlah cara membuat aplikasi CRUD sederhana dengan Laravel. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar, semoga bermanfaat dan terima kasih, see you next post!!!

 

Posting Komentar

1 Komentar