10 KOMBINASI TOMBOL KEYBOARD PADA WINDOWS YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Image source

KOMBINASI TOMBOL KEYBOARD PADA WINDOWS 10 YANG PERLU KAMU KETAHUI

Hallo sahabat psg!!!
Pada postingan kali ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan yang mungkin atau sudah banyak orang yang tau. Tapi bagi kamu yang belum tau kamu jangan lewatkan postingan ini, dan baca sampai habis. Secara sadar atau tidak sadar kamu pasti sering melakukan kombinasi tombol keyboard saat melakukan pekerjaan kantor atau tugas kuliah, contohnya adalah kombinasi antara tombol CTRL + C untuk mengcopy atau menyalin data, dan CTRL + V untuk menempelkan hasil copy ke tempat atau direktori yang kamu inginkan. Kombinasi tombol-tombol keyboard ini bukan hanya mempermudah kita untuk melakukan pekerjaan, tetapi sangat menghemat waktu jika kamu menerapkannya. Ketimbang kamu melakukan klik kanan lalu pilih copy, lebih baik kamu menekan tombol kombinasi CTRL + C bukan?

Berikut 10 Kombinasi tombol keyboard yang saya rangkum dan sangat berguna dalam kehidupan sehari - hari :

1. Kombinasi Tombol Logo Windows + P ( Projector )


Kombinasi antara tombol Logo windows + P ini akan sangat membantu kamu untuk melakukan presentasi, kamu hanya perlu menekan tombol logo windows + P, maka laptop atau komputer kamu sudah terhubung ke proyektor atau menduplikasi layar ke proyektor presentasi kamu. Jika secara manual kamu perlu ke Control Panel => Hardware and Sound => Display => Project to a second screen, tentu ini sangat merepotkan bukan? jadi kamu pilih cara cepat atau cara lambat???

2. Kombinasi Tombol Logo Windows + D ( Kembali Ke Desktop )


Fungsi kombinasi dari tombol ini adalah untuk mengembalikan ke layar desktop, jika kamu mau mengembalikan ke desktop tanpa menutup jendela atau halaman yang sedang dibuka, cukup tekan Tombol Logo Windows + D.

3. Kombinasi Tombol CTRL + B, CTRL + I dan CTRL + U

Untuk kombinasi antara tombol CTRL + B, CTRL + I dan CTRL + U ini akan sangat membantu bagi kamu yang sedang menulis skripsi atau membuat laporan, pokoknya yang berhubungan dengan dokumentasi fungsi tombol ini akan mempercepat kinerja kamu. 

  • CTRL + B => Untuk menebalkan text atau huruf dengan cara blok text yang ingin ditebalkan lalu tekan CTRL + B, maka text atau huruf yang diblok akan berubah menjadi tebal atau Bold 
  • CTRL + I =>  Untuk memiringkan atau Italic sebuah text atau huruf, dengan cara text yang mau dimiringkan sebelumnya diblok dulu kemudian tekan CTRL + I
  • CTRL + U => Untuk menggaris bawahi suatu kalimat atau text, caranya sama dengan sebelumnya di blok terlebih dahulu text atau kalimat yang mau digaris bawahi, kemudian tekan CTRL + U

4. Kombinasi Tombol CTRL + Z ( Undo ) dan CTRL + Y (Redo)


Kombinasi ini sangat berguna saat kamu melakukan kesalahan atau ingin mengembalikan keposisi semula, yaitu adalah fungsi Undo dan Redo, kamu dapat mengkombinasi tombol CTRL + Z untuk Undo dan CTRL + Y untuk Redo, Bagi saya fungsi kombinasi tombol ini sangat berguna, tidak hanya di word saja, tetapi kamu bisa menerapkannya di Photoshop atau saat kamu ingin membatalkan penghapusan suatu data di windows explorer kamu cukup menekan tombol CTRL + Z untuk membatalkannya, dan CTRL + Y untuk melanjutkannya. 

5. Kombinasi Tombol CTRL + F ( Mencari Data )


Fungsi dari kombinasi tombol CTRL + F adalah untuk mencari suatu data. Dengan cara tekan CTRL + F dan masukkan data yang ingin kamu carikan di kolom pencarian. Fungsi kombinasi dari tombol ini sangat berguna bagi para programmer untuk mencari suatu bug dalam program mereka.

6. Kombinasi Tombol Logo Windows + L ( Mengunci Laptop / PC)

Fungsi dari kombinasi tombol ini adalah untuk mengunci atau men lock laptop atau PC kamu dengan cepat. Kamu hanya perlu menekan tombol Logo Windows + L secara bersamaan, secara otomatis laptop atau PC kamu akan terkunci.

7. Kombinasi Tombol ALT + Tab ( Pindah Jendela Aktif )

Kombinasi antara tombol ALT + Tab berfungsi untuk berpindah dari jendela aktif satu ke jendela aktif lainnya, ini akan sangat berguna jika kamu terbiasa dengan kerja multitasking, kamu akan dengan cepat berpindah dari satu jendela aktif ke jendela aktif lainnya dengan cara menekan tombol ALT + Tab secara bersamaan.

8. Kombinasi Tombol CTRL + SHIFT + ESC ( Task Manager )


Kombinasi ini memang agak panjang, yaitu dengan cara menekan 3 tombol di keyboard secara bersamaan, tapi tahukah kamu jika kamu menekan 3 tombol  ini secara bersamaan akan membuka yang namanya Task Manager. Task Manager adalah windows untuk memonitoring terhadap semua kegiatan dan proses pada komputer. Dan tidak hanya itu di Task Manager kita juga bisa memonitoring kinerja CPU, RAM, DISK dan Networking pada komputer atau laptop kita.

9.  Kombinasi Tombol CTRL + ALT + DEL ( Task Manager, Switch User, Lock, Change a Password dan Sign Out )


Kombinasi tombol ini sama seperti point no 8, yaitu untuk membuka Task Manager, tapi kombinasi ini digunakan jika laptop atau komputer kita hang atau lemot, mungkin karena terlalu banyak aplikasi yang dibuka atau terlalu panas sehingga membuat laptop hang dan lemot. Selain jalan pintas untuk membuka Task Manager, kombinasi 3 tombol ini juga bisa meng lock laptop, beralih user ( switch user ), sign out dan change a password.

10. Kombinasi Tombol Logo Windows + R

Kombinasi ini berfungsi untuk membuka kotak dialog Run, biasanya saya menggunakan kombinasi tombol ini untuk membuka Command Prompt, selain itu kamu bisa membuka aplikasi seperti notepad lewat kotak dialog Run dengan cara mengetik "notepad" ( tanpa tanda petik ), membuka keyboard virtual dengan cara mengetik "osk" ( tanpa tanda petik ) dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa kombinasi tombol keyboard pada windows, yang menurut saya sangat penting untuk diketahui. Sebenarnya sangat banyak sekali fungsi lain dari kombinasi tombol-tombol pada keyboard di windows, tapi bagi saya 10 kombinasi tombol keyboard ini sangat membantu kamu dalam melakukan pekerjaan yang lebih cepat. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share, biar banyak yang tau, makin banyak ilmu.


Posting Komentar

0 Komentar