CARA PARTISI HARDISK TERBARU

https://www.yasir252.com/tutorial/komputer/cara-membagi-partisi-hardisk-windows/

BAGAIMANA CARA PARTISI HARDISK ?


Hallo sahabat blog psg, salam luar biasa. Sesuai dengan topik, kali ini kita akan membahas mengenai, bagaimana cara membagi harddisk menjadi beberapa partisi. Sebelumnya kita tau, pada umumnya di laptop kita terbagi dari 2 partisi saja, yaitu C dan D. Partisi C adalah buat system dan partisi D buat data kita. Nah, pertanyaan nya bagaimana caranya kita menambah satu partisi lagi, katakanlah partisi yang satu ini kita jadikan tempat menyimpan Film.


Terdapat 2 partisi yaitu C dan E

Dari gambar diatas terlihat bahwa laptop saya mempunyai 2 partisi yaitu C dan E. Dan sekarang kita akan menambah satu partisi lagi. lets do it !!!


1. klik kanan pada logo windows, disini saya menggunakan windows 10. Lalu pilih Disk Management.



2. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini. yang saya kasih tanda panah itulah yang akan kita partisi lagi.



3. Klik kanan pada partisi E, lalu pilih Shrink Volume




4. Tunggu hingga beberapa saat proses shrink berlangsung, hingga muncul pop up seperti gambar dibawah ini.

Sebelumnya dibaca terlebih dahulu, yang saya kasih tanda panah adalah jumlah atau banyaknya space harddisk yang akan di partisi (dalam MB). Atur sesuai kebutuhan, kemudian lanjutkan dengan klik tombol Shrink, Tunggu hingga beberapa saat, proses Shrink dilakukan.


5. Jika proses shrink selesai, maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.


Yang saya kasih tanda panah adalah partisi baru yang telah kita buat. Tapi belum bisa digunakan, untuk selanjutnya ikuti langkah2 berikut.


6. Klik kanan pada partisi yang baru saja dibuat. Kemudian pilih New Simple Volume.




7. Muncul pop up klik Next untuk melanjutkan.



8. klik Next.



9. Klik Next



10. Silahkan klik Next lagi


11. Terakhir klik Finish



Jika sahabat blog psg mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.


Yang bertanda panah adalah hasil dari partisi yang telah kita buat. Jika kita lihat di windows explorer maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini.






Sampai disini, kita telah berhasil membuat partisi baru. Semoga bermanfaat ditunggu komen nya di kolom komentar. Terima kasih, salam luar biasa.

Posting Komentar

0 Komentar