FB ADS 2020 #1 APA ITU FACEBOOK ADS?

Source Image

APA ITU FACEBOOK ADS?

Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fan Page (Halaman Facebook), yang mana sebelumnya kita membuat Fan Page nya terlebih dahulu. Fan Page sendiri mempunyai jangkauan yang berbeda-beda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut. Facebook Ads sendiri banyak digunakan oleh pelaku bisnis untuk menawarkan produk mereka. Selain lebih menghemat cost, menggunakan Facebook Ads untuk kebutuhan advertising  lebih efektif ketimbang beriklan secara konvensional

KENAPA HARUS MENGGUNAKAN FACEBOOK ADS?

Mengutip dari www.cnbcindonesia.com jumlah pengguna aktif Facebook pada kuartal I-2019 tembus 2.38 Miliar, WOW Amazing bukan??? Dengan pengguna aktif  2.38 M perbulan diseluruh dunia, Indonesia menduduki posisi ke-4 pengguna aktif media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut. Jadi siapa yang menduduki posisi ke-1??? Apakah China yang mengingat populasi terbanyak di dunia??? jika anda menjawab China, anda salah besar, bahkan China tidak menggunakan Facebook sama sekali alias di banned, mereka mempuyai platform sosial yang mirip dengan Facebook yang mereka namakan Weibo. Berikut 10 data pengguna Facebook terbanyak di dunia kuartal I-2019 :
  1. INDIA dengan 260 Juta Pengguna
  2. USA dengan 230 Juta Pengguna
  3. BRAZIL dengan 130 Juta Pengguna
  4. INDONESIA dengan 130 Juta Pengguna dengan persentase 6% sama dengan Brazil
  5. MEXICO dengan 79 Juta Pengguna
  6. FILIPINA dengan 65 Juta Pengguna
  7. VIETNAM 55 Juta Pengguna
  8. THAILAND 45 Juta Pengguna
  9. TURKI 37 Juta Pengguna
  10. INGGRIS 37 Juta Pengguna dengan persentase sama dengan  TURKI
Melihat dari data diatas apakah anda tertarik beriklan di Facebook Ads? Mengingat beriklan secara konvesional sangat mahal dan kurang efektif, saran saya menggunakan Facebook Ads adalah solusi yang tepat. Katakanlah anda mempunyai budget 100 ribu dan produk yang anda jual adalah property. Dan anda mulai mencetak brosur yang tentunya dengan  kualitas yang bagus, estimasinya anda mendapatkan 100 lembar brosur dan anda mulai membagikan ke orang - orang yang lewat, baik itu di mall, pinggir jalan. Pertanyaannya apakah brosur yang anda bagikan akan dibaca atau dibawa kerumah untuk dibaca??? Jawabannya bisa Iya bisa Tidak. Dan apakah anda bisa menjangkau ribuan orang dengan brosur tersebut??? saya kurang yakin.

100 Ribu dengan Jangkauan 70 Ribu, WOW Amazing !!!

Dari kesimpulan diatas, untuk kebutuhan adrvertising menggunakan cara konvesional sangat merugi. Jadi apa yang bisa kita lakukan dengan budget 100 ribu dengan produk yang sama, tapi cara beriklannya yang beda??? Tentunya lebih hemat biaya, lebih hemat waktu, gak pake lama, ga ribet. Dengan budget 100 ribu anda bisa menjangkau 70 ribu lebih pengguna, WOW Amazing bukan??? dan budget yang kita keluarkan 20 ribu/hari selama 5 hari. Tidak percaya??? ini buktinya :




Gambar diatas adalah laporan hasil iklan saya selama 5 hari, dengan anggaran biaya perhari kurang dari 20 ribu. Jumlah yang saya belanjakan kurang dari 100 ribu. Dan iklan saya menjangkau lebih dari 70 ribu. Amazing bukan??? Dan ini adalah  grafik rentang Usia dan Jenis Kelamin yang dijangkau:



Ok baik, itulah sekilas tentang Facebook Ads. Untuk artikel selanjut kita akan bahas cara membuat Fan Page sampai beriklan di Facebook Ads secara runut. Jadi jangan lupa Follow by Email, sekiranya bermanfaat silahkan bagikan artikel ini. Terima kasih :)


Posting Komentar

0 Komentar