LARAVEL TUTORIAL #3 MEMAHAMI ROUTING


MENGENAL DAN MEMBUAT ROUTE


Setiap request yang datang pada Laravel, akan diarahkan melalui sebuah rute (route). Route inilah yang  menentukan respon apa yang harus dikerjakan untuk membalas request tersebut. Setiap route dibuat atau didefinisikan pada file laravel/routes/web.php 

Route::get('/'function () {
    return view('welcome');
});

Penjelasan:

Pada pemograman web, ada dua jenis request method yang paling sering dipakai pada protocol HTTP, yaitu GET dan POST. GET biasa dipakai ketika kita ingin membuka suatu halaman web. POST biasanya dipakai untuk mengirim data form.

Laravel mempunyai facade class Route{} yang menangani request yang datang dari browser. Pada gambar diatas class Route{} digunakan untuk menerima request GET dari browser, yaitu dengan memakai fungsi GET.

Route::get();

Pada protocol HTTP tidak hanya ada request method GET dan POST untuk mendapat dan mengirimkan resource (data), ada juga PUT/PATCH untuk mengupdate suatu resource, ada DELETE untuk menghapus resource. 

Pengaksesan suatu resource pada website dengan menggunakan method yang dikenal dengan REST (Representational State Transfer). Berikut adalah fungsi-fungsi yang bisa kita pakai pada facade class Route{}:

Route::get();
Route::post();
Route::put();
Route::patch();
Route::delete();

Fungsi get() pada class Route{} menerima beberapa parameter. Parameter pertama adalah slash atau garis miring (/) sebagai pola URI yang ingin dicocokkan . Itu artinya fungsi get() diatas akan menangani request terhadap homepage.

Parameter kedua adalah anonymous function atau yang lebih dikenal dengan closure. Closure adalah fungsi yang tidak mempunyai nama seperti fungsi-fungsi PHP pada umumnya. Badan fungsi closure, berisi perintah :

return view('welcome');

Memerintahkan Laravel untuk menampilkan view/halaman bernama welcome. Fungsi view() Laravel adalah untuk menampilkan suatu file view. Laravel adalah framework yang menganut pola M-V-C, dimana "V" adalah View. Fungsi view() menerima parameter berupa string yang merupakan nama file view yang akan ditampilkan, dalam hal ini nama filenya adalah welcome.

Kita dapat mengubah homepage yang menampilkan tulisan Laravel, caranya :

Langkah 1

Buka file LaravelBlog/routes/web.php, Ubah isinya menjadi :

Route::get('/'function () {
    return "Halaman Homepage.<br>
            Selamat datang di Blog Pasir Ganting";
});

Langkah 2

Simpan file web.php tersebut

Langkah 3

Klik kanan pada direktori LaravelBlog, kemudian ketikkan perintah "php artisan serve" untuk menjalankan di Local Development Server Laravel.


Tekan dan CTRL + klik di link  <http://127.0.0.1:8000>  maka akan tampil seperti gambar dibawah ini:



Sampai disini kita telah memahami apa itu Route dan cara membuat Route di Laravel. Selanjutnya kita akan mempelajari apa itu VIEW (Menampilkan Data) di Laravel. Jadi follow up terus ya,




Posting Komentar

0 Komentar