CARA TRANSFER FILE ANTAR LAPTOP



BAGAIMANA TRANSFER FILE ANTAR LAPTOP TANPA FLASHDISK???

 Hy guys, saya sedikit mau berbagi nih tentang cara berbagi file antar 2 laptop. Pada kasus kali ini ketika teman2 mau menyalin berkas-berkas penting dari laptop lama ke laptop baru atau mau berbagi file ke laptop teman dengan ukuran besar, maka cara ini sangat disarankan. Karena kita tidak perlu repot-repot menyalin dulu data satu persatu ke dalam flashdisk atau hardisk. 

  Ada banyak cara untuk transfer file antar laptop kalian bisa menggunakan software ketiga seperti Any Send, Shareit atau kalian bisa pakai FTP. Nah kali ini kita akan transfer file antar laptop dengan cara sharing folder menggunakan jaringan yang sama.

  Langkah-langkahnya :
  1. Siapkan 2 laptop yang sudah terkoneksi pada jaringan yang sama, misalkan sama-sama pakai wifi kantin, hotspot teman wkwkwkw, atau hotspot punya sendiri.
  2. Tentukan laptop mana laptop yang akan dijadikan server dan laptop mana yang akan dijadikan client, misalkan laptop si A sebagai server dan laptop si B sebagai client yang nantinya akan menyalin data dari laptop si A.
  3. Pada laptop si A pilih folder yang akan mau di sharing, dengan cara klik kanan pada folder terus pilih Properties. 
  4. kemudian pilih tab Sharing, misalkan disini saya mau sharing folder Icon, lalu tekan tombol Share
  5. Maka akan muncul windows baru untuk mengatur  access permission, pilih Everyone dengan Permission Level --> Read/Write.
  6. Setelah itu tekan Done 
  Setelah selesai sharing folder di laptop si A (server), langkah selanjutnya melakukan beberapa set up di laptop si B (client), pada laptop si B lakukan langkah-langkah berikut :

  1. Pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu IP Address pada laptop si A yang bertindak sebagai server, dengan cara tekan tombol windows + R kemudian ketik CMD lalu enter. Pada CMD ketikkan ipconfig, perintah ini untuk melihat ip address laptop si A (dilakukan pada laptop si A ya, bukan laptop si B,,,), yang diwarnain kuning dan tanda panah merah adalah ip laptop si A
  2. Setelah dapat ip laptop si A, kemudian pada laptop si B, buka windows explorer pada Menu Network, pilih nama Laptop server yang sudah terhubung.
  3. Kemudian masukkan ip address laptop si A yaitu \\192.168.42.119 (Jangan lupa pakai backslash). Maka akan muncul folder-folder yang di share dari laptop si A, dan laptop si B dapat menyalin folder-folder tersebut.
  4. Selesai
       Ok guys, semoga bermanfaat dan jika ada yang mau ditanyakan silahkan tinggalkan komentar. See you next post !!!

Posting Komentar

1 Komentar