GIT #1 APA ITU GIT?

Apa itu GitLab???

  Apa itu GitLab??? ini buat yang belum tau aja ya, kalau yang udah tau diam aja xD, wkwkwk. GitLab ada sebuah aplikasi Version Control System (VCS) atau sederhananya adalah sebuah sistem yang mencatat setiap perubahan terhadap sebuah berkas atau kumpulan berkas sehingga pada suatu saat kita dapat kembali kepada salah satu versi dari berkas tersebut. 

  GitLab sangat berguna sekali ketika bekerja dalam sebuah team. Contoh kasusnya seperti ini misalkan kita develop sebuah aplikasi web yang pengerjaannya itu terdapat 2 orang, nah 2 orang ini punya role yang berbeda-beda. Misalkan si A mengerjakan backend (bagian belakangnya) dan si B mengerjakan frontend atau design webnya.

  Ketika si B telah selesai design satu halaman web misalkan halaman LOGIN, nah si A melakukan proses backend nya supaya halaman login yang tadi bisa berfungsi dengan baik, percuma dong udah di design sebagus mugkin tau-taunya ga berfungsi dan si user ga bisa melakukan login wkwkwkw. nah balik lagi ke main topic!!! yoi bahasanya :xD wkwkwk. nah si B yang telah selesai design halaman login maka bagian si A mengambil source code dari si B, tapi bukan dengan cara disalin via flashdisk ya, tapi dengan Git disinilah kemudahan ketika menggunakan Git,  kita tidak perlu repot-repot nyalin source code yang bikin pusing itu dengan flashdisk. 

  Si A cukup buka command line, jika kalian menggunakan text editor  Visual Studio Code cukup tekan CTRL + SHIFT + ` secara bersamaan. Maka akan muncul jendela baru untuk command line, lalu si A cukup mengetik perintah git pull origin (nama_branch), nama_branch disini adalah  nama branch si B, apa itu branch???  di postingan selanjutnya ya.... xD; misalkan nama branch nya adalah feri, maka si A mengetik perintah git pull origin feri.  jeng-jeng!!! maka seluruh source code si B akan ketarik oleh si A tanpa harus repot-repot menggunakan flashdisk, begitu pula jika si B melakukan perubahan lagi maka si A melakukan cara yang sama seperti yang di atas.

Ok sekian dulu, terima kasih telah membaca tulisan yang ga penting ini wkwkwkwk xD; see you next post !!!

Posting Komentar

0 Komentar